image
Menjaga Keindahan Kulit Hingga Fungsi Otak, ini 7 Manfaat Seafood

11 June 2019 428 Viewed

Makanan yang berasal dari laut atau seafood memang dikenal memiliki rasa yang lezat. Tak hanya sekadar memanjakan lidah, seafood juga mengandung nutrisi dan manfaat yang tinggi untuk kesehatan kita. Tentu ini menjadi kabar baik bagi kita semua, bukan? Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan laut yang luas. Jadi, bukan hal yang susah untuk mendapatkan makanan laut ini. Nah, agar kita tak ragu untuk mengonsumsi makanan dari laut sebagai menu diet, berikut tujuh manfaat seafood:

  1. Mengurangi kemungkinan radang sendi Makanan laut, terutama ikan, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meredakan nyeri sendi, dan secara bersamaan mengurangi kekakuan pada tubuh. Seafood merupakan sumber vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan perkembangan tulang pada anak-anak. Sumber makanan ini juga dapat mengurangi risiko radang sendi pada orang dewasa. Penderita rheumatoid arthritis akan mendapat manfaat dari asupan makanan laut seperti salmon dan sarden.
  2. Meningkatkan kesehatan mata Penelitian menunjukkan diet kaya asam lemak omega-3 dari makanan laut, akan mengurangi kemungkinan risiko masalah penglihatan karena usia tua. Mengonsumsi ikan dan varietas kerang secara teratur juga dapat meningkatkan penglihatan di malam hari dan menjaga mata tetap sehat. 
  3. Meningkatkan imunitas Seng adalah nutrisi penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi maksimal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan laut seperti tiram, kepiting, udang, dan kerang, yang kaya akan seng. Di sisi lain, makan ikan, dapat memberi tubuh vitamin A, selenium, dan asam lemak omega-3. Semua nutrisi tersebut membantu menjaga tubuh siap melawan patogen asing, sehingga memberikan kekebalan bagi tubuh kita.
  4. Melindungi jantung Asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan makan satu porsi ikan per minggu dapat mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, dan stroke.
  5. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat Seafood dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak dan remaja serta meminimalisir atau memperlambat dampak buruk penuaan pada otak. Seafood juga melindungi materi abu-abu dalam otak, yang meningkatkan memori dan mengurangi risiko Alzheimer.
  6. Meningkatkan suasana hati Selain membantu perkembangan kemampuan kognitif, pusat emosi otak juga mendapat manfaat dari makanan laut. Studi menemukan mengonsumsi seafood dapat secara positif mempengaruhi depresi dan meningkatkan dampak obat anti-depresi.
  7. Menjaga keindahan kulit Seafood dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan sekaligus melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Penelitian juga menunjukkan konsumsi seafood dapat mengurangi jerawat. Kondisi kulit sebagian besar dipengaruhi oleh pola makan kita daripada produk perawatan yang kita gunakan.


sumber:  https://lifestyle.kompas.com/read/2019/06/10/094948320/menjaga-keindahan-kulit-hingga-fungsi-otak-ini-7-manfaat-seafood?page=1

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238