image
Agar Tubuh Tetap Segar di Pagi Hari Meski Kurang Tidur

30 July 2019 2960 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190730080030-255-416636/agar-tubuh-tetap-segar-di-pagi-hari-meski-kurang-tidur

Perjuangan berat tak lagi dimulai dari bangun tidur, tetapi beranjak tidur. Harus diakui ada banyak hal yang membuat orang sulit tidur seperti stres, cuaca terlalu panas atau suara berisik. 

Ketika pagi, bisa dirasakan tubuh terasa lemas karena jam tidur tidak karuan. Padahal sudah ada setumpuk pekerjaan menanti di depan mata. Jika sudah begini, coba beberapa cara berikut untuk memompa kembali energi untuk beraktivitas. 

1. Asupan bergizi
Apa yang Anda makan akan berpengaruh pada tingkat energi yang dimiliki tubuh. Menurut konsultan nutrisi Charlotte Stirling-Reed makanan memberikan energi sehingga penting untuk tidak melewatkan jam makan. 

"Makanan seperti bubur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan energi. Jangan lupa untuk memasukkan banyak sayur dan buah untuk hidrasi ekstra dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral," kata Stirling-Reed mengutip dari Huffington Post (24/7)

2. Tetap bergerak
Rasa kantuk dan lelah membuat tubuh malas bergerak. Bahkan untuk ke toilet saja, orang perlu waktu untuk menghimpun tenaga. Namun jika ingin merasa lebih berenergi justru sebaiknya Anda tetap bergerak. 

Pada riset di 2012, ahli ilmu keolahragaan jack Groppel menemukan saat karyawan melakukan gerakan kecil sepanjang hari misal berjalan-jalan di kantor atau melakukan peregangan, rasa lesu berkurang.  Selain itu, sebanyak 37 persen karyawan dilaporkan merasakan lebih berenergi di pertengahan hari saat mencoba bergerak atau peregangan. 

3. Hidrasi
Dehidrasi mengakibatkan rasa lemas dan turun konsentrasi. Minum teh atau kopi mungkin bisa melawan rasa kantuk tetapi justru ini bisa memperburuk situasi. Minuman berkafein bisa menyebabkan tubuh lebih cepat memproduksi urine sehingga tubuh cepat kekurangan cairan. 

Alternatif lain mungkin minuman berenergi. Minuman ini bisa meningkatkan energi dalam waktu singkat tetapi acap kali minuman banyak mengandung gula, tinggi kalori dan berkontribusi pada kerusakan gigi. Minuman terbaik yang bisa Anda konsumsi tak lain adalah air putih

4. Ambil waktu istirahat
Riset pada 2011 dari University of Illnois menemukan istirahat dari pekerjaan atau tugas-tugas bisa membantu meningkatkan produktivitas sepanjang sisa hari. Jadi saat Anda merasa lelah atau lemas, ambil jam makan siang untuk istirahat, berjalan-jalan keluar kantor untuk menghirup udara bebas.



sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190730080030-255-416636/agar-tubuh-tetap-segar-di-pagi-hari-meski-kurang-tidur

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238