image
Perut Mulas Karena Panik Bisa Jadi Gejala Gangguan Psikosomatik

29 July 2019 3100 Viewed  https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4637362/perut-mulas-karena-panik-bisa-jadi-gejala-gangguan-psikosomatik

Gangguan Psikomatis adalah penyakit fisik yang diperparah oleh faktor kejiwaan seperti stres, marah, cemas atau rasa sedih. Dalam beberapa literatur bahkan dikatakan bahwa sakit perut atau rasa mulas yang disebabkan karena panik bisa menjadi gejala gangguan Psikomatis.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan gangguan pada perut atau gastrointestinal terkait dengan disfungsi psikologis dari kegagalan komunikasi antara usus dan otak. Beberapa orang bahkan menderita masalah pencernaan sampai sindrom iritasi usus besar tetapi tidak ada penyebab yang bisa diidentifikasi.

"Hubungan antara stres lingkungan atau psikologis dan tekanan gastrointestinal adalah hal yang kompleks dan bersifat dua arah. Stres dapat memicu dan memperburuk sakit perut, begitupula sebaliknya," demikian dikutip dari Health Harvard

Otak berinteraksi dengan bagian tubuh lainnya melalui sistem saraf, yang memiliki beberapa komponen utama. Salah satunya adalah sistem saraf enterik, yang membantu mengatur pencernaan. Dalam situasi hidup atau mati, otak memicu respons "lawan atau lari" yang memperlambat pencernaan.

Adapun jenis-jenis stres ringan seperti pertengkaran, berbicara di depan umum, atau mengemudi di lalu lintas, dapat memperlambat atau mengganggu proses pencernaan, menyebabkan sakit perut dan gejala-gejala gastrointestinal lainnya.

Dokter holistik Grace Hananta, C.Ht beberapa waktu lalu juga menuturkan terdapat keterkaitan antara kesehatan fisik dan psikologis. Kesehatan harus menyeluruh, jadi bukan soal fisik saja tetapi kondisi psikologis seseorang pun memiliki efek besar bagi kesehatan tubuh secara utuh.

"Karena saya belajar hipnoterapi, saya jadi tahu bahwa sub-conscious mind itu sangat berpengaruh pada kehidupan kita, 95 persen. Jadi kalau kita punya teman yang sakit mag melulu, sakit migrain melulu, ternyata itu bisa jadi penyakit psikosomatis," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.


sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4637362/perut-mulas-karena-panik-bisa-jadi-gejala-gangguan-psikosomatik

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238