image
Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema Bumi Langit

21 August 2019 4292 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20190819123257-220-422637/mengenal-lebih-dekat-5-patriot-jagat-sinema-bumilangit

Sebentar lagi Indonesia akan punya waralaba pahlawan super seperti Marvel Cinematic Universe (MCU). Waralaba tersebut bernama Jagat Sinema Bumi Langit alias BumiLangit Cinematic Universe (BCU) yang diumumkan kemarin (18/8) oleh BumiLangit Studios. Film Gundala yang dijadwalkan rilis akhir bulan ini akan menjadi gerbang menuju Jagat Sinema BumiLangit Jilid I dalam enam tahun ke depan. Dalam kurun waktu itu akan dirilis berbagai film pahlawan super. 

Sama seperti MCU, Jagat Sinema BumiLangit juga memiliki kelompok pahlawan super. Kelompok tersebut bernama Patriot yang pertama kali diperkenalkan lewat komik berjudul Patriot Eksperimen-X yang rilis 1996. Komik Patriot berisikan sejumlah pahlawan super, diantaranya Gundala, Maza, Aquanus dan Godam. Karakter-karakter dalam Patriot merupakan gabungan dari karya Hasmi dan Widodo Noor Slamet.

Formasi Patriot versi komik nampak berbeda dengan formasi Patriot yang ditampilkan pada situs resmi BumiLangit. Pada situs tersebut Patriot berisikan Gundala, Godam, Tira dan Merpati. Berikut daftar karakter Patriot versi komik dan BumiLangit Studios:



Gundala
Gundala diperkenalkan lewat seri komik Gundala Putra Petir karya Hasmi yang pertama kali rilis pada 1969. Ia diceritakan sebagai insinyur bernama Sancaka yang berambisi mencari serum anti petir. Alih-alih menemukan serum, Sancaka malah tersambar petir hingga mempertemukan dirinya dengan Raja Petir Kronz. Kronz mengangkat Sancaka menjadi anaknya dan memberikan kalung ajaib yang dapat mengubah dirinya menjadi manusia super. Dalam film karakter Sancaka diperankan oleh Abimana Aryasatya. Bukan sebagai insinyur, ia diceritakan sebagai keamanan suatu tempat yang tersambar petir.

Godam

Godam pertama kali muncul dalam komik bertajuk Memburu Doktor Setankarya Widodo yang rilis pada 1969. Kisahnya berlanjut dalam beberapa komik, diantaranya adalah Mencari Jejak Mayat (1970), Sinar Mata-X (1973) dan Panik (1976). Godam memiliki nama asli Awang yang berprofesi sebagai supir. Ia mendapat kepercayaan dari Bapa Kebenaran untuk memiliki kekuatan Godam yang berasal dari dimensi lain.


Ia memiliki kemampuan kekuatan super, terbang dan kekebalan super. Bila diperhatikan kostum dan kekuatan, Godam mirip dengan Superman. Karakter Awang kecil muncul dalam trailer Gundala yang diperankan oleh Faris Fadjar Munggaran, anak Cecep Arif Rahman. Sementara karakter Awang dewasa diperankan oleh Chico Jerikho. Godam akan memiliki film sendiri bertajuk Godam & Tira yang belum diketahui tanggal perilisannya. Tira merupakan pahlawan super yang diperankan Chelsea Islan. 

Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema BumiLangit

Tira
Tira pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1975. Karakter tersebut diciptakan oleh Gun Mardiono yang dikenal dengan nama Nono. Tira memiliki nama asli Susie, ia seorang mahasiswa yang memilki kemampuan bela diri. Ia mengenakan kostum berteknologi tinggi saat menjadi Tira. 

Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema BumiLangit

Maza
Maza pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1968. Karakter Maza diciptakan oleh Hasmi. Maza memiliki nama asli Kanigara. Awalnya ia bermimpi menjadi Maza yang tengah menjalankan misi mencari mutiara biru dan purtinya yang dicuri Rahczor, ia dibantu Jin Kartubi. Kartubi memberikan sebuah cincin kepada Maza saat misi selesai. Ketika ia terbangun, cincin tersebut berada dalam genggamannya dan terdengar suara Kartubi bahwa takdir Kanigara menjadi Maza.

Maza memiliki tubuh kekar yang kekuatan super. Ia juga memiliki belati yang dapat memanggil Kartubi dan menuruti perintahnya. BumiLangit Studios belum memberikan keterangan mengenai karakter Maza. Kemarin mereka juga tidak menjelaskan siapa yang akan memerankan Maza dan peluang membuat film karakter tersebut.

Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema BumiLangit



Aquanus
Aquanus pertama kali diperkenalkan lewat komik bertajuk Aquanus di Planet Vibhy yang rilis pada 1968. Karakter tersebut diciptakan oleh Widodo. Aquanus memiliki nama asli Dhanus yang berasal dari planet Zyba. Ia terpaksa dilarikan saat planet Zyba diserang, roket yang membawanya tidak sengaja jatuh Bumi. Ia memiliki kemampuan bernapas dalam air dan pandai berenang. Selain itu ia memiliki sabuk canggih yang bisa memancarkan sinar penghancur, yang disebut sinar pelangi. Dalam film, karakter Aquanus akan diperankan Nicholas Saputra. Namun BumiLangit Studios belum memberikan penjelasan lebih detail terkait film tersebut.

Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema BumiLangit

Merpati
Merpati pertama kali muncul dalam seri komik Gundala bertajuk Pengantin Buat Gundala yang rilis pada 1977. Karakter tersebut diciptakan oleh Hasmi. Ia memiliki nama asli Sedhah Esti Wulan yang bekerja sebagai jurnalis. Wulan memiliki kemampuan terbang, bela diri dan mendeteksi arah. Dalam film karakter Merpati diperankan Tara Basro. Ia dipastikan muncul dalam film Gundala setelah terlihat jelas dalam trailer, namun belum diketahui apakah akan ada film solo Merpati.

Mengenal Lebih Dekat 5 Patriot Jagat Sinema BumiLangit


Selain karakter di atas, BumiLangit juga merilis karakter lain. Mereka adalah Sri Asih (Pevita Pearce), Camar (Hannah Al Rashid), Bidadari Mata Elang (Kelly Tandiono), Mandala (Joe Taslim), Cempaka (Vanesha Perscilla), Dewi Api (Dian Sastro), Virgo (Zara) dan Mustika Sang Kolektor (Tatjana Saphira). 

Terkait dengan pengumuman dari Jagat Sinema BumiLangit ini, formasi Patriot yang akan muncul dalam film nanti amat mungkin berbeda dengan versi komik dan versi laman BumiLangit Studios. Terlebih, BumiLangit Studios menyiapkan dua film untuk Patriot, yaitu Patriot Taruna dan Patriot. 



sumber, cnnindonesia.com

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238