image
7 Bahan Alami Ciptakan Kulit Mulus

02 December 2019 134 Viewed

Segala perawatan kulit dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas dari masalah. Perawatan yang dilakukan di klinik atau produk kecantikan seringkali mahal dan belum tentu memberikan hasil yang diinginkan.

Produk-produk kecantikan yang dijual di toko kebanyakan menjanjikan perubahan cepat, namun tak jarang malah menimbulkan masalah baru apabila tidak cocok dengan kulit. Terlebih jika tak berhati-hati memilih, bisa jadi memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia beracun dan berbahaya.

Faktanya, sebagian besar produk kecantikan memang ditambahkan pewarna buatan, pewangi, pengawet, dan stabilizer yang membuat produk dengan mudah menyerap ke dalam kulit. Jika kandungan kimia tersebut digunakan dalam waktu yang lama, tentu akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jangka panjang, seperti reaksi alergi bahkan kanker.


Sebagai alternatif, masih ada bahan-bahan perawatan wajah yang sama berkhasiatnya namun minim risiko dan ramah di kantong, yakni bahan-bahan alami. Banyak bahan alami yang memiliki manfaat signifikan, dan mungkin akan mengejutkan ketika rutin diterapkan.

Dengan menggunakan produk berbahan alami secara teratur, tampilan kulit tak hanya menjadi cantik, tetapi juga meningkatkan kesehatan dari dalam, seperti menambah daya tahan UV dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 perawatan berbahan alami untuk kulit wajah sehat dan mulus.

1. Lidah Buaya

Tumbuhan yang memiliki duri ini sudah dikenal sangat baik manfaatnya bagi kecantikan. Lidah buaya dikenal sebagai penyubur rambut dan penguat akar rambut supaya terhindar dari kerontokan. Padahal tak hanya kecantikan, lidah buaya yang terdiri atas dua zat, yakni gel yang ditemukan di sel-sel di tengah daun, dan getah yang diperoleh dari sel-sel tepat di bawah kulit daun, mampu menjadi obat.

Lidah buaya memiliki lebih dari 75 bahan aktif termasuk anti-inflamasi, vitamin, mineral, sakarida, asam amino, asam lemak, enzim, lignin, dan asam salisilat yang dapat digunakan sebagai obat sekaligus perawatan kulit alami untuk luka bakar, radang dingin, dan psoriasis.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung bahan-bahan aktif pelawan bakteri yang melawan peradangan, kemerahan, dan gatal-gatal sehingga sangat cocok menyembuhkan luka bakar akibat terpapar sinar matahari maupun masalah kulit lainnya. Selama ratusan tahun lidah buaya telah digunakan untuk mengobati penyakit kulit, infeksi, dan sebagai pengobatan alami untuk penyakit jamur dalam pengobatan China tradisional.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa lidah buaya efektif mendetoksifikasi tubuh baik dari dalam ke luar. Apabila dikonsumsi, khasiatnya dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor serta parasit di hati, limpa, dan sumsum tulang.

2. Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung alpha hydroxy acid yang menghilangkan kulit mati dan mengangkat kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Gunakan sebagai cuci muka. Untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan pada kulit cukup dengan menuangkan cuka apel yang dituangkan ke kapas, kemudian oleskan pada permukaan kulit yang bermasalah.

Produk perawatan kulit alami yang sangat mudah didapat dan murah ini bahkan bisa membunuh patogen (seperti bakteri), membersihkan masalah kulit yang disebabkan oleh masalah usus, mencerahkan kulit, dan membantu menghentikan jerawat.

Penggunaan cuka apel untuk mengatasi berbagai masalah kulit berawal dari zaman Hippocrates (460-377 SM), yang dianggap sebagai bapak kedokteran modern. Orang-orang pada saat itu berkeyakinan bahwa cuka apel bersifat antijamur, jika dicampur dengan madu mentah dapat mengempiskan bisul dan mengobati luka kulit.

Cuka apel juga mengandung asam asetat serta kalium dan magnesium yang menjadikannya agen detoksifikasi ketika dikonsumsi. Cobalah mencampurnya dengan air untuk meningkatkan fungsi hati dan membantu menyeimbangkan bakteri dalam usus.

3. Madu
Madu mentah adalah salah satu sumber alami nutrisi, enzim, vitamin, dan asam. Manfaat madu mentah termasuk mengurangi jerawat, melembapkan, mengandung antiseptik, mendorong penyembuhan luka, melawan alergi atau ruam, dan mengurangi bekas luka. Madu mentah tidak dipanaskan, tidak diproses, dan tidak dipasteurisasi, tidak seperti kebanyakan madu yang tersedia di toko bahan makanan. Karena itu, ia dapat menjaga semua nutrisi tetap utuh karena tidak dihancurkan oleh pemrosesan.

Kandungan antimikroba pada madu mentah sangat cocok sebagai pembalut luka dan luka bakar. Ini juga termasuk dalam perawatan yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi bakteri, ketombe, dermatitis atau ruam popok, psoriasis, dan banyak lagi.

Madu juga membuat produk perawatan kulit alami rumahan yang bagus sebagai obat jerawat karena dapat digunakan sebagai pembersih wajah, sekalipun pada jenis kulit sensitif atau kombinasi. Ambil setengah sendok teh, lalu oleskan di wajah dengan lembut, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

4. lemon

Air lemon berfungsi melawan bekas jerawat, noda, komedo, dan bintik-bintik hitam pada kulit. Dengan konstituen antibakteri yang kuat yang mampu mengurangi bahkan bakteri yang berbahaya, air perasan lemon dapat digunakan untuk mengurangi jerawat yang disebabkan oleh tingginya tingkat bakteri yang terjebak di pori-pori.


Selain itu, lemon kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit. Vitamin C yang tinggi berguna untuk memudarkan bekas luka dan bintik-bintik penuaan, dapat mengeksfoliasi kulit, mencerahkan kulit, mengurangi kadar minyak berlebih, dan melawan keriput. Cukup oleskan perasan air lemon setiap malam hari kemudian bersihkan dengan air dingin di pagi hari untuk menghasilkan kulit bersih, segar, dan bercahaya.

Sari lemon adalah salah satu zat esensial yang paling serbaguna karena juga bisa digunakan sebagai pemutih gigi, penyegar cucian, memudarkan selulit, hingga pembersih rumah tangga. Anda juga bisa menggunakannya pada rambut untuk meningkatkan kilaunya dan menghilangkan kotoran.

5. Pisang

Buah dengan warna kulit kuning ini memberikan manfaat juga bagi kesehatan kulit wajah. Pisang kaya antioksidan dan phytochemical yang mampu menjaga kelembapan kulit. Kandungan potassium, vitamin A, B, C, E, zinc, dan lektin mampu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus menutrisi dan merevitalisasi kulit kering, menghaluskan kulit kasar, dan mengurangi penuaan. Untuk merasakan hasilnya, cobalah membuat masker pisang dengan melumat buahnya. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-20 menit, bilas menggunakan air dingin.

6. Kunyit 

Pada dasarnya adalah ramuan India yang digunakan sebagai salah satu solusi paling efektif sejak berabad-abad lalu untuk mencerahkan kulit. Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik yang bekerja sangat baik untuk memudarkan bekas jerawat.

Mengaplikasikan masker kunyit secara teratur membantu mengurangi noda dan hiperpigmentasi sekaligus dengan menuntaskan beberapa masalah kulit lainnya. Karena sifat antiseptiknya, ia dapat bekerja pada kulit tanpa menimbulkan iritasi. Membuat masker rumahan ini yakni dengan mencampur 1 sdm bubuk kunyit, 4 gram tepung terigu, dan susu atau air. Kemudian aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kunyit pada wajah, leher, lengan, atau area mana pun yang ingin dicerahkan. Biarkan hingga mengering kemudian bilas dengan air.

7. Garam

Garam mengandung banyak mineral dan nutrisi seperti magnesium, kalsium, natrium, dan kalium yang diserap dari air laut. Kandungan mineral pada garam sama dengan yang ditemukan di sel-sel kulit dan di dalam tubuh kita. Itulah sebabnya garam laut dapat membantu menyeimbangkan, melindungi, dan memulihkan kulit.

Gunakan garam laut Himalaya atau Celtic yang dicampur dengan toner untuk dijadikan masker wajah. Atau manfaatkan sebagai lulur badan dengan mencampurkan bahan lainnya seperti minyak kelapa, minyak esensial lavender, atau madu mentah. Garam mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit dan mengurangi pembengkakan jerawat, menghilangkan sel-sel kulit mati dan iritasi, menyeimbangkan produksi minyak, membantu kulit mempertahankan kelembapannya, serta mempercepat pergantian dan pembaruan sel.

Itulah 7 bahan perawatan alami untuk kulit wajah yang sehat dan mulus. Mengingat semuanya merupakan bahan alami, efeknya mungkin tak bisa didapatkan dalam waktu semalaman. Lakukanlah perawatan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain menggunakan bahan-bahan alami, jalankan pula pola hidup yang sehat dengan cukup beristirahat dan olahraga untuk meningkatkan kualitas kesehatan kulit. Selamat mencoba!




TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238