image
4 Risiko Bermain Ponsel Sebelum Tidur

22 January 2020 148 Viewed

Malam hari selalu menjadi waktu paling tepat untuk beristirahat, entah langsung tertidur sepulang kerja, bersantai atau bahkan bermain gadget sebelum tidur. Seringkali pula kesibukan di kantor atau di sekolah maupun kampus, sering dibawa hingga pulang ke rumah. Bahkan masih memainkan ponsel sebelum tidur, juga kerap dilakukan. Malah kadang, kita sering ketiduran dengan posisi ponsel masih berada di tangan.

Padahal sebenarnya, penggunaan ponsel sebelum tidur cukup memberikan dampak buruk bagi kita. Penggunaan ponsel atau perangkat elektronik lainnya sebelum tidur dapat menekan pelepasan hormon melatonin yang bertugas untuk merangsang tidur. Pada gilirannya, kondisi tersebut dapat membuat Anda sulit tertidur.

Mengutip berbagai sumber, berikut risiko bermain ponsel sebelum tidur.

1. Tidur lebih lama
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, cahaya biru yang dipancarkan ponsel dan perangkat elektronik dapat menekan pelepasan hormon melatonin yang membuat Anda sulit tertidur. Semakin banyak perangkat elektronik yang digunakan, semakin sulit Anda untuk tertidur.

2. Mengurangi tidur REM
Tidur REM adalah tahap tidur yang sangat penting untuk pemulihan pikiran dan tubuh. Mengutip Psychology Today, tidur REM yang kurang dapat menimbulkan rasa pusing dan kesulitan berkonsentrasi pada esok harinya.

3. Lelah saat terbangun
Sebuah penelitian yang dilakoni oleh para peneliti di Harvard University menemukan, paparan cahaya ponsel di malam hari akan membuat Anda merasa lelah dan pusing saat bangun di pagi hari. Butuh waktu beberapa jam bagi mereka untuk benar-benar terjaga di pagi hari.

4. Depresi
Sebuah studi yang dilakukan terhadap 1.101 remaja berusia 13-16 tahun menemukan kualitas tidur yang menurun akibat penggunaan ponsel sebelum tidur. Penggunaan ponsel larut malam menyebabkan penurunan kesehatan mental seperti suasana hati yang tertekan.

Mengutip The Guardian, peneliti utama Lynette Vernon dari Murdoch University, Perth, Australia, mengatakan bahwa temuannya menjadi bukti perlunya jam malam penggunaan ponsel bagi remaja.

Dengan empat poin di atas, akan lebih baik jika Anda mulai membatasi penggunaan ponsel malam hari, khususnya sebelum tidur, demi menghindari risiko.





sumber, cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238