image
Jangan Minum Vitamin C Berlebihan, Ini Dampaknya

27 January 2020 134 Viewed

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang banyak ditemui dan dikonsumsi, karena vitamin c seringkali ada pada buah-buahan yang segar, jeruk misalnya. Apalagi di cuaca yang ekstrim, mengkonsumsi jeruk yang disuguhkan dengan es batu, akan membuat rasanya lebih nikmat.  Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Hal ini karena tubuh nggak memproduksi vitamin yang larut dalam air ini, yang berfungsi mendukung perkembangan dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Tapi ternyata, mengkonsumsi vitamin c secara berlebihan atau terlalu sering, juga tidak baik untuk kesehatan. Vitamin c yang berlebihan ternyata memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh. Menurut ahli gizi, orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi 65-90 miligram vitamin C per hari. Kalau lebih dari itu, bukan manfaat yang kamu dapat melainkan berbagai efek samping dan masalah. Apa saja masalah yang dapat ditimbulkan dari kelebihan vitamin c?

1. Masalah pencernaan 

Masalah umum ketika kelebihan konsumsi vitamin C adalah masalah pencernaan. Melansir dari Healthline, hal ini umumnya terjadi akibat asupan vitamin C dari suplemen makanan. Kamu bisa saja mengalami diare dan mual ketika masalah pencernaan muncul. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu penyakit asam lambung.

2. Meningkatkan zat besi hingga mengakibatkan kerusakan organ

Tugas vitamin c adalah menyerap zat besi. Tapi kalau konsumsinya berlebihan, maka akan meningkatkan masukan zat besi ke tubuh. Akibatnya, akan terjadi penumpukan zat besi yang menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung pankreas, kelenjar tiroid dan sistem saraf pusat. 

3. Bisa membentuk batu ginjal

Sederhananya, tubuh akan bereaksi jika mendapat asupan vitamin C berlebih, dengan cara mengeluarkannya dalam bentuk oksalat yang umum keluar bersama urine. Namun dalam beberapa kondisi, oksalat yang harusnya keluar bersama urine malah saling terikat dengan mineral sehingga membentuk kristal dan menjadi batu ginjal.

4. Nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang

Kemampuan tubuhmu mengolah nutrisi akan terganggu ketika kelebihan asupan vitamin C, sehingga bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, merusak sistem saraf hingga picu depresi lo.

5. Bisa meningkatkan permasalahan radang sendi

Jika permasalahan radang sendi sering terjadi dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia, maka kelebihan vitamin C adalah salah satu faktor pemicu risikonya. Melansir dari Medical News Today, hasil studi yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menyebutkan kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko radang sendi.

Nah, seperti wejangan yang sering kamu dengar, segala sesuatu yang berlebihan itu memang nggak baik. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C sesuai dengan takaran yang direkomendasikan ahli, agar nggak jadi masalah kesehatan.






sumber, hipwee.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238