image
Obat yang Harus Disiapkan Saat Musim Hujan dan Banjir

03 January 2020 2815 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200102151904-255-461887/obat-yang-harus-disiapkan-saat-musim-hujan-dan-banjir

Meski hujan deras sudah mereda, warga wilayah Jabodetabek tetap musti waspada akan cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem masih akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Pesan saya bahwa secara alamiah, wilayah kita memang dilimpahi curah hujan tinggi dari Desember-Maret sehingga kita harus selalu waspada," kata Kepala Sub bidang Prediksi Cuaca BMKG Agie Wandala Putra.

Selain ancaman banjir, musim hujan juga berpotensi menyebabkan penyakit akibat menurunnya daya tahan tubuh. Selain menyiapkan jas hujan atau payung, dokter umum di RS Panti Rini Yogyakarta Cresti Chandra Pradelta pun menyarankan agar tiap keluarga menyiapkan beberapa jenis obat-obatan.

1. Obat flu, batuk, dan demam
Persiapan untuk cuaca ekstrem adalah obat flu, batuk, dan demam. Chandra menuturkan tiap rumah tangga bisa mendapatkan obat-obatan seperti ini di pasaran atau apotek terdekat.

"Apalagi kalau ada anak bayi, perlu disediakan obat demam dan termometer," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com Kamis (2/1).

Chandra menambahkan, masker juga perlu dipersiapkan untuk mencegah penularan flu dan batuk, khususnya kepada balita dan lansia.

2. Multivitamin
Multivitamin atau suplemen makanan tertentu bisa juga disediakan demi menopang sistem imun tubuh. Saat sistem imun kuat, tubuh tak mudah terkena penyakit. Kalau pun terkena penyakit, biasanya pemulihan akan lebih cepat.

3. Obat gatal
Air yang masuk ke rumah saat banjir adalah kumpulan air dari berbagai tempat dan dipastikan membawa bakteri atau kuman penyakit. Air kotor pun bisa membawa masalah kulit seperti gatal-gatal. Sebaiknya menyediakan obat gatal seperti CTM juga bedak salicyl untuk mengurangi rasa gatal.

4. Obat diare
Diare pun rawan terjadi saat banjir. Untuk pertolongan pertama, sebaiknya menyediakan obat diare dan oralit.

"Jika dua sampai tiga hari tidak segera pulih, segera ke dokter," katanya.

5. P3K
Cek lagi kotak P3K di rumah. Minimal, kotak ini terisi povidone iodine (di pasaran biasa menyandang merk Betadine, Wokadine atau Pyodine), kasa steril dan plester. Chandra mengingatkan untuk tidak membersihkan luka dengan alkohol atau rivanol. "Alkohol atau rivanol sudah tidak boleh digunakan karena bisa merusak jaringan kulit. Maka bersihkan dengan povidone iodine," jelasnya.

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238