image
5 Anggapan Tentang Kopi yang Tidak Tepat

05 February 2020 658 Viewed  https://merahputih.com/post/read/5-anggapan-tentang-kopi-yang-tidak-tepat

Ada beberapa mitos dan anggapan tentang kopi yang seringkali disalah artikan oleh orang-orang. KIra-kira apa aja ya itu?

1. Minum kopi sore hari bisa sebabkan insomnia

    Kafein adalah stimulan, ini jelas sekali. Tetapi kafein yang kamu konsumsi dalam cangkir setelah makan siang diproses melalui hati dengan sangat cepat, dan hampir semuanya (sekitar 75%) dikeluarkan dari tubuh kamu dalam waktu 4 hingga 7 jam. Pada dasarnya, kafein hanya pemicu kinerja jantung untuk memompa darah. Sementara insomnia disebabkan oleh kamu yang terlalu banyak pikiran atau stres. Jadi, jika kamu meminum cangkir kedua atau ketiga pada jam 3 sore, boleh-boleh saja.

2. Bantu menurunkan berat badan

    Efek stimulasi dari kafein hanya sedikit meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Kopi tidak cukup mengurangi berat badan. Laman Thrillist menyebutkan, benar kalau kafein dapat mengurangi nafsu makan sebentar, namun tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa meminum kopi membantu penurunan berat badan.

3. Kalsium hilang

    Seperti dilansir di laman the healthy, Lindsay Malone, RD, di Klinik Cleveland, mengatakan ada beberapa penelitian bahwa kafein dapat melepaskan kalsium dari tulang. Namun jumlahnya sangat kecil, sehingga asupan susu dalam jumlah sedikit dapat menebuh hilangnya kalsium. Satu cangkit kopi dapat diseimbangkan dengan dua sendok makan susu. Tidak jelas bagaimana mitos ini dimulai dna tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

4. Ibu hamil tidak boleh meminum kopi

      Kafein tidak akan membahayakan janin. Namun disarankan ibu hamil membatasi asupan kafeinnya hanya 200 miligram atau sekitar satu cangkir kopi perhari. Kafein dapat masuk pula ke janin, namun tidak ada studi yang mengatakan itu berbahaya.

5. Penyebab kanker

   Dari laman the healthy, Malone mengatakan kalau banyak dari pasien kanker berhenti minum kopi karena dianggap tidak sehat. Padahal kopi ada dalam daftar makanan pelawan kanker yang diterbitkan oleh American Institute of Cancer Research karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dalam kopi melindungi sel-sel kita dan menjaganya tetap sehat.





sumber, merahputih.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238