image
Hati-Hati, 5 Benda Ini Ternyata Pembawa Radiasi

19 February 2020 2836 Viewed

Ketika mendengar kata 'Radiasi', biasanya kita akan merasa ngeri atau takut, karena biasanya radiais selalu disangkut pautkan dengan nuklir dan juga dampak yang ditimbulkannya bagi kesehatan. Radiasi sendiri adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik / cahaya (foton) dari sumber radiasi. 

Namun tanpa disadari ternyata radiasi tidak semata-mata selalu disangkutpautkan dengan reaksi nuklir saja. Begitu banyak benda di sekitar kita yang ternyata mengandung radiasi. Perlu dicatat jika level dari radiasi sangat beragam dengan dampak yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa benda yang berada sangat dekat yang mengandung radiasi, menurut Enviromental Protection Agency and Health.

1. Pesawat

Radiasi kosmik berasal dari luar angkasa dan menyumbang sekitar lima persen dari paparan radiasi background di Amerika Serikat menurut Health. Atmosfer bertugas menjaga kita dari jenis radiasi tersebut, maka sangat lumrah saat paparan akan menguat sewaktu melakukan penerbangan dan mendekati atmosfer. Masyarakat awam merespon secara biasa atas radiasi yang berasal saat menumpang pesawat. Namun, Environmental Protection Agency berpendapat, kru pesawat secara rutin mampu menyerap radiasi sampai 200 mrem per tahun.

2. Produk Konsumer

Tanpa kita sadari, produk-produk yang sering kita pakai seperti jam tangan, televisi, komputer dan lainnya dapat memancarkan beberapa bentuk radiasi dengan level yang tergolong kecil tanpa berpengaruh pada kesehatan. Pancaran gelombang radio pada telepon seluler tidak sebesar sinar-X. Telepon seluler menghasilkan gelombang radio akan terasa hangat. Namun gelombang ini berada pada frekuensi rendah tanpa merusak jaringan.

3. Televisi

Televisi dan monitor komputer terkandung tabung sinar katoda yang mampu menciptakan sinar-X tingkat rendah. Namun, televisi dan komputer layar datar tidak menghasilkan radiasi sinar-X karena sudah tidak lagi memakai tabung sinar katoda.

4. Rokok

Menurut Health, sekitar 20 persen orang Amerika kategori perokok berisiko yang lebih besar mengidap kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Penyebab salah satunya adalah karena menghirup sejumlah kecil bahan radioaktif yang berasal dari sumber alami dan pupuk yang digunakan pada tanaman tembakau. Tar yang berasal dari asap tembakau memerangkap beberapa bahan radioaktif, seperti timas 210 dan plonium 210 di saluran paru-paru.

5. Tanah

Partikel radioaktif atau radionulida di dalam tanah berasal dari sisa keras asli bumi, yang bermula dari radiasi kosmik. Beberapa radionuklida akhirnya dilepaskan dari tanah sebagai gas yang kita hirup, sementara yang lain terbawa dalam air dan tanaman. Meskipun kadar radionuklida yang tinggi di tanah da[at mencemari makanan dan air, namun Environmental Protection Agency dan beberapa lembaga lainnya menguji kadar radioaktivitas ini secara rutin.








sumber, merahputih.co

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238