image
Alami Gejala Covid-19 di Rumah, Lakukan Hal Ini agar Cepat Ditangani

02 April 2020 2659 Viewed  inews.id

Alami Gejala Covid-19 di Rumah, Lakukan Hal Ini agar Cepat Ditangani

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari virus corona baru (Covid-19). Selain physical distancing, isolasi mandiri di rumah merupakan cara memutus rantai penularan Covid-19. Lalu, bagaimana solusinya bagi seseorang yang isolasi mandiri merasakan adanya gejala awal Covid-19?

Jika Anda merasa kurang sehat dan terdapat gejala-gejala virus tersebut, lakukan protokol isolasi mandiri berikut di rumah, seperti panduan dari Kementerian Kesehatan:

- Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.
- Jika sakit (ada gejala demam, flu, dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ruang publik untuk mencegah penularan di masyarakat.
- Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik, beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta - riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.
- Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya dan jarak 1,5 meter dari anggota keluarga.
- Tentukan pengecekan suhu harian. Amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi, begitu juga tempat tidur.
- Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.
- Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan disinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (15-30 menit).
- Hubungan segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

TAGS: #corona

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238